top of page

Kebenaran Isu

Isu adalah suatu peristiwa atau kejadian yang dapat diperkirakan terjadi atau tidak terjadi pada masa mendatang. Isu juga sering di sebut rumor, kabar burung, dan gosip. Banyak isu beredar disekeliling kita. Sebagai masyarakat kita seharusnya dapat mengetahui mana isu yang benar dan tidak benar.

Untuk mengetahui isu yang benar dan isu yang tidak benar kita harus meneliti beberapa hal seperti : - melakukan identifikasi terhadap isu, mencari tahu darimana sumber isu itu bergulir. Jangan percaya dengan jurnal bebas yang ada di internet.

- Bacalah jurnal yang disediakan oleh sumber terpercaya. Lihat domain asal jurnal. Blogspot adalah salah satu domain bebas, dimana orang bisa memalsukan fakta palsu dan opini bebas yang berujung dengan kampanye hitam.

- Isu yang negatif tentu harus ditanggulangi secara proporsional, sementara isu yang positif harus dikembangkan secara baik. Isu negatif dapat ditanggulangi dengan cara mengungkapkan secara jelas kepada pihak masyarakat, khususnya pihak pers agar bisa memberitakan secara objektif dan jangan menutup-nutupi informasi yang sebenarnya. - Selain itu pihak ketiga perlu diajak, seperti pejabat pemerintah yang berwenang dalam hal ini, tokoh masyarakat dan lainnya sebagai upaya menetralisasi terhadap tanggapan negatif dan kontroversial.

Nah, teman-teman itu tadi cara buat re-check kebenaran isu yang ada, nah jadi jangan sembarangan percaya sama suatu isu ya :)

SUARA MUDA merupakan hasil pemikiran 7 mahasiswa Atmajaya Jakarta.
 
Selain dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Politik, muda bersuara juga dibentuk melihat kurangnya kesadaran kaum muda terhadap politik #yangmudaharustahu
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page