top of page

Organisasi Politik Pemuda di Indonesia


Menurut kami, sebuah organisasi kepemudaan harus mampu membangun karakter manusia yang berintegritas dan berkualitas, terutama organisasi yang bergelut dalam bidang politik. Tujuan berorganisasi sendiri adalah untuk membangun manusia yang berkarakter dan berkualitas sehingga kita bisa saling bersaing dan membangun bangsa serta Negara kearah yang lebih baik. Menurut kami, dengan berorganisasi, generasi muda harus melakukan kerja-kerja nyata untuk masyarakat dan bangsanya. Kerja nyata tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang sedang terjadi di suatu daerah. Pemuda tidak boleh menjadi bagian dari masalah, tetapi justru pemuda harus menjadi bagian dari solusi.

Misalnya pemuda menjadi aktor kuat yang membangun toleransi dan kerukunan dalam keberagaman atau melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa meyakinkan pemuda untuk tidak terlibat dalam narkobah dan terorisme. Atau kegiatan sesuai kampanye yang kami lakukan, yaitu agar para pemuda sadar, berpikir kritis dan turut berpartisipasi dalam bidang politik. Sekarang itu sudah terhitung cukup banyak organisasi politik pemuda di Indonesia. Salah satunya yang sudah berdiri lama adalah Budi Utomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908. Pada awalnya organisasi ini hanya dipandang sebagai organisasi pemuda. Hanya sesudah kongres I, peranan pemuda dalam organisasi menjadi lemah bahkan kemudian hilang karena merasa kecewa atas kebijaksaan oleh pemimpinnya. Beberapa tahun sesudah Budi Utomo didirikan, pada tahun 1915 berdiri organisasi Tri Koro Darmo di Jakarta. Pendirinya adalah antara lain Satiman Wiryosandjoyo, Kadarman dan Sunardi.

Mereka menetapkan bahwperkumpulan itu dibentuk khusus untuk anak-anak sekolah menengah yang bertujuan menambah pengetahuan umum bagi anggota-anggota dan membangkitkan sikap nasionalisme serta mempertajam peranan segala bahasa dan budaya. Dengan ini hendak dicapai tujuan untuk mencapai Jawa Raya dengan jalan memperkokoh rasa persatuan antara pernuda-pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali dan Lombok. Kami berharap untuk para generasi muda penerus bangsa pemuda untuk senantiasa selalu menjaga semangat persatuan dan rasa nasionalisme yang telah dikrarkan kaum muda sejak tahun 1928, saat momentum Sumpah Pemuda. Sekarang, sebagai generasi muda tugas kita adalah untuk meneruskan semangat Sumpah Pemuda didalam konteks zaman sekarang.

SUARA MUDA merupakan hasil pemikiran 7 mahasiswa Atmajaya Jakarta.
 
Selain dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Politik, muda bersuara juga dibentuk melihat kurangnya kesadaran kaum muda terhadap politik #yangmudaharustahu
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page