top of page

Bagaimana Cara Berpikir Kritis ?

1.Jangan terburu-buru!

Sebelum menilai suatu permasalahan yang ada,pastikan bahwa kamu memahami dengan sungguh masalah-masalah yang diberitakan.Setelah itu,carilah informasi-informasi terkait berita atau isu tersebut.Janganlah bereaksi terlalu cepat dan bertingkah sembrono dengan menyebarluaskan pada publik atau akun sosial media kepunyaanmu.Pastikan bahwa sumber dalam mencari informasi merupakan sumber yang terpercaya.Jangan sampai kamu mendapatkan informasi ataupun isu-isu hoax atau kabar burung.Sehingga,apa yang kamu dapatkan merupakan informasi yang benar dan berguna!

2.Jangan terpengaruh!

Membaca komentar dan pendapat-pendapat orang lain melalui media sosial merupakan hal yang tidak dapat dihindari.Jadi,kita harus pintar-pintar dalam menyimpan informasi.Kita tidak boleh gampang terpengaruh oleh pendapat-pendapat atau asumsi orang terhadap suatu berita karena mereka belum tentu mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya.

3.Berdiskusi dan Menerima perbedaan persepsi atau pendapat

Setelah kamu mengetahui dan memiliki pendapat sesuai dengan persepsimu,berdiskusilah dengan orang-orang di sekelilingmu dan utarakan pendapatmu.Sehingga kamu dapat memperkaya pandanganmu dengan mendengarkan pendapat-pendapat dan persepsi orang-orang lain yang mungkin berbeda denganmu.Jika kamu tidak cukup puas,berbicalah dengan orang-orang yang kamu anggap mempunyai keahlian di bidang yang berkaitan dengan isu politik tersebut sehingga kamu dapat bertanya ataupun mengekspresikan pendapat dan pandanganmu dengan bebas.

So,Jangan mau hanya menjadi “disuapi” oleh media saja ya kaum muda, kita juga harus bisa memberikan pandangan kita. Mulailah meninggalkan komentar-komentar dihalaman berita yang kaum muda baca (tentu komentar yang bertanggung jawab ya..) berikan pendapat kaum muda atas berita tersebut. Kaum muda juga bisa menulis pada Kompasiana atau membuat tweet di twitter. Be Proactive!

SUARA MUDA merupakan hasil pemikiran 7 mahasiswa Atmajaya Jakarta.
 
Selain dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Politik, muda bersuara juga dibentuk melihat kurangnya kesadaran kaum muda terhadap politik #yangmudaharustahu
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page