top of page

4 Cara Sederhana, Agar Kamu Bisa Berpartisipasi Aktif dalam Ranah Politik

Hai People! So, kalian sudah pahamkan bagaimana cara untuk mengkritisi sebuah berita ataupun isu-isu politik yang beredar melalui post sebelumnya?nah,selain kita harus mengkritisi,kitapun harus ikut berpartisipasi aktif dalam bidang politik, update dan peduli dengan kondisi ataupun keadaan pemerintahan di negara kita!

Buat kalian yang masih ragu dan enggak tahu gimana cara untuk mulai berpartisipasi, kami akan memberi tahu beberapa cara mudah untuk dapat berpartisipasi dalam politik!

1.Change Your Mindset!

Pada dasarnya partisipasi politik adalah kegiatan yang dilakukan dengan sukarela oleh setiap pelakunya. Tapi hal tersebut tidak dapat terjadi kalau pola pikir seperti “Alah, semua pejabat sama. KORUPTOR!” atau “Halah, satu suara golput ga berpengaruh kok!” atau bahkan ini “Halah ini kan urusan pemerintah buat menyelesaikan, gue gausah ikutan” atau malah ini “Bodo amatlah, kan urusan pemerintah!”. Perubahan gabisa terjadi kalau tidak ada usaha untuk merubah, guys! Jadi langkah pertama ubah dulu pola pikir kamu, percaya bahwa ada sisi baik bahkan di kondisi buruk.

2. Ikut Pemilu

Nah, Ini kegiatan paling umum yang bisa setiap kaum muda lakukan sebagai bentuk kepedulian kamu kepada bangsa dan negara Indonesia. Berhenti berfikir bahwa suara kamu tidak ada gunanya dan satu suara tidak memberikan pengaruh. Well, coba bayangin kalau ada seratus kaum muda yang berfikir seperti itu disetiap provinsi di Indonesia, bakal ada 3.400 suara yang hilang begitu saja!,dan tentunya demokrasi tidak akan dapat dicapai secara maksimal.

3. Update

Ini nih bagian yang agak “susah” buat kaum muda! Karena dibagian ini kaum muda diajak untuk mendengarkan/membaca berita. Kaum muda harus membiasakan diri dengan berita-berita mengenai pemerintahan dan apa yang terjadi didalamnya. Kita harus familiar dengan judul headlines berita yang sensasional atau wajah-wajah aktor politik yang sedang terjerat kasus. Siapa tahu kita ketemu mereka lagi nyamar?

SUARA MUDA merupakan hasil pemikiran 7 mahasiswa Atmajaya Jakarta.
 
Selain dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Politik, muda bersuara juga dibentuk melihat kurangnya kesadaran kaum muda terhadap politik #yangmudaharustahu
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page